Minggu, 19 Oktober 2008

Word of Mouth Marketing, the new way...

Akhirnya bekerja lagi, walau nggak bekerja di sebuah perusahaan yang lumayan terkenal (emang sebelumnya perusahaan terkenal, whueek tjuwh), aku dah cukup enjoy bisa mengembangkan diriku di perusahaan tempatku bekerja sekarang. Bisa menyelami dunia maya (karena memang pekerjaannya di hal-hal kaya gitu) seenaknya, beban juga tetap ada dipundakku. Bekerja ditempat yang baru dengan memperdalam ilmu yang baru merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi aku, dan aku juga HARUS dapat memberikan yang terbaik!
Tapi untungnya aku sekarang bekerja di bagian yang tidak jauh beda dengan apa yang aku kerjakan di perusahaan tempat aku bekerja sebelumnya. Tidak jauh dari marketing dan connecting with people, mungkin dengan taste yang baru aja..hihi
MAGNET, nama adalah tempat ku bekerja sekarang. Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk mempopulerkan (bagi masyarakat Indonesia) penggunaan internet sebagai layanan dalam mengembangkan bisnis. Tidak dapat dipungkiri bisnis dotcom sudah sangat merajalele, eh merajalela, blog, weblog juga sudah sangat popular. Namun, kendala biaya dalam mendapatkan domain yang layak dan biaya, serta waktu dalam melakukan update terhadap blog-blog serta situs tersebut cukup membuat pusing kepala.
Kami sangat concern kepada mereka yang mencoba membuat pasar baru, memperlebar jaringan, dan mendapatkan koneksi baru melalui dunia maya. Yang dibutuhkan, jelas menggunakan jasa kami dalam melakukan layanan ini.
Kerja kami sangat sederhana sebenernya (khususnya bagi mereka yang sangat paham dengan dunia internet), kami hanya memfasilitasi membuatkan situs bagi perusahaan yang berkantong menengah ke bawah (ke atas juga boleh banget, selama belum punya web sendiri hehe:p)kemudian melakukan update informasi terbaru dari perusahaan tersebut ke dalam situs tersebut. Mudah bukan??
Kenyataannya , tak semua orang memiliki kemampuan (ini bagi mereka yang gak terbiasa sama dunia internet lho), waktu, serta kemauan yang kuat dalam melakukan pembaruan bagi perusahaan mereka. Padahal, di dunia maya setiap detik selalu mengalami update!!
Kalau kamu iseng membuka situs-situs yang menampilkan sebuah perusahaan (note=medium level, artinya yang gak kaya-kaya banget), coba dicek dibagian bawah halaman web tersebut umumnya ada keterangan di update terakhir pada tahun berapa, bahkan ada yang dalam hitungan bulan. Nhah, sekarang kan udah 2008, tapi masih ada aja yang last update 2007, 2006, bahkan 2003. Busyet, kaya Koran aja update tiap hari, ini dah 2 tahun lebih belum update…
Kami percaya bahwa bisnis dunia maya sekarang (atau mungkin dah dari kemaren kemaren yach) sudah mengalami perubahan..Istilah kami adalah perubahan dari web 1.0 menuju web 2.0. Secara singkat berarti, sekarang dunia maya sudah mulai berubah menuju jaringan dimana kebanyakan menggunakan system blog, maupun weblog, juga termasuk Friendster, Facebook, Multiply,Milis, dan yang lainnya.. Di sini, peran komunitas lebih diutamakan..
Oke, gini aja deh sekarang…misal ada kasus kaya gini..
Terjadi perbincangan hangat antara Martin dan (keduanya jelas bukan nama sebenarnya).
Martin: Git, kamu tau dimana tempat makan yang enak gak??
Sigit: ehm, bentar bentar coba tak inget-inget. Kayaknya ada banyak deh.. Enak yang kaya gimana neeh??
Martin: Yang enak semuanya, makanannya pasti, pelayanannya oke,dan terjangkau deh..Kalo bisa sekalian pelayannya yang catik-cantik juga, heuheuheu,,,
Sigit: Kayaknya di jakal (jalan kaliurang-red-)banyak deh..
Martin: Jakal ya??
Sigit: Iya, ada RM Padang XX, ada semacam tempat maem disana xx, yang banyak makanannya, ada juga spesial makanan ala barat…Steak-steak gitu deh..
Martin: Lhah, aku kan orang Jawa gak suka lhah aku sama makanan padang, apalagi sama makanan barat, mau steak mau pizza no way lhah..
Sigit: Ya coba aja di tempat yang banyak jenisnya itu, katanya enak, terjangkau, banyak macemnya, dan pelayannya cantik-cantik..
Martin: Ohh, tempat itu..Aku tau, pernah nyoba di sana, makanannya biasa aja, terus pelayanannya payah, dah gitu, aneh deh tempatnya…sok2an..
Sigit: maksudnya??
Martin: Sok2an aja..
Sigit: Iya sih, bener juga..secara aku di sana Cuma ngincer pelayannya doank. Yang penting tempat makan itu khan ya yang pertama makanannya, trus abis itu pelayanannya, baru tempatnya..Selain itu kayaknya gak penting deh..
Martin:Heeh, bener itu..Yang utama aja belum oke, mau ngurus yang lainnya..
Sigit: kalo gitu ke Rumah makan jawa aja, gudheg2 gitu deh..
Martin: Sip, itu aja dah pasti ketauan enak..lagian kan yang terjangkau, jadi yah mahal dikit asal sesuai sama rasanya mah gak papa..Setuju banget sama usulmu!!
BOTH: Ayo berangkat..
Sepenggal kisah tersebut bisa diaplikasikan ke dalam networking seperti yang akan digunakan oleh MAGNET di dunia maya.. Prinsip marketing, gethuk tular atau Word of Mouth adalah model pemasaran yang paling efektif di dunia saat ini. Dan dengan internet serta komunitas-komunitas yang ada di dalamnya hal itu sangat mudah untuk dilakukan. Selama kita rajin melakukan update terhadap kemajuan yang terjadi, maka sudah pasti pula koneksi teman-teman yang ada di milis, FS, atau facebook kita juga akan tahu tentang hal itu.. dan yang pasti, mereka lebih percaya kepada 1 saran dari teman dibandingkan dengan 1000 iklan dengan durasi lama dan biaya mahal. So just join with magnet, leave ur reply and We will help you.


Tidak ada komentar: